INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

Langkah-Langkah Mengaransir Karya Musik Nusantara

Dalam mengaransir musik atau lagu dibutuhkan kreativitas, kesabaran, juga ketelitian. Karena karya musik yang anggun membutuhkan proses yang panjang dan tidak mudah.

Simak klarifikasi lebih lanjut mengenai aransemen musik berikut ini, semoga kalian juga sanggup menciptakan karya aransemen sendiri.

Dalam mengaransir musik atau lagu dibutuhkan kreativitas Langkah-langkah Mengaransir Karya Musik Nusantara

Pengertian Aransemen

Mengaransir yaitu mengubah lagu yang sudah ada menjadi musik gres berupa vokal maupun instrumental tanpa meninggalkan ciri khasnya.

Untuk sanggup mengaransemen lagu dibutuhkan proses yang panjang dan terus-menerus alasannya aransemen yang baik yaitu hasil dari sebuah perkembangan yang panjang bukan bersifat instan.

Dalam menciptakan aransemen mulailah dari tingkat yang sederhana, lalu meningkat ke hal yang sulit. Belum tentu aransemen yang sulit dan detail akan terdengar lebih indah. Aransemen yang baik yaitu yang sesuai dengan keinginan arrangernya.

Langkah-langkah Mengaransir

Langkah-langkah yang sanggup dilakukan dalam menyusun sebuah aransemen musik yaitu sebagai berikut.

1. Amati dan pelajarilah karya musik atau lagu yang akan dibentuk aransemen. Lagu tersebut harus dihafalkan dan berusaha ditangkap inti sari, nuansa, serta maknanya dengan cermat.

2. Pikirkanlah alat-alat musik apa saja yang sanggup digunakan untuk menumbuhkan suasana, imaji, serta nilai-nilai keindahan yang terkandung dalam karya lagu tersebut sehingga sanggup lebih indah.

3. Pelajarilah kemungkinan-kemungkinan pengembangan harmoni yang sanggup dicapai dengan memakai alat-alat musik yang dipilih. Perlu diingat bahwa setiap alat musik mempunyai kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri yang merupakan karakteristik khasnya.

4. Dengan alat-alat musik yang dipilih, amati kembali lagu yang akan diaransir. Bagian mana dari lagu tersebut yang akan diberi aksen atau aksentuasi tertentu semoga makna yang ingin disampaikan oleh penciptanya sanggup tercapai.

5. Pilihlah alat bantu yang akan dibentuk untuk menyusun aransemen tersebut. Maksudnya, apakah kita akan menciptakan aransemen musik tersebut secara manual dengan ditulis tangan di atas lembaran-lembaran kertas.

Bisa juga memakai medium lain menyerupai komputer yang telah dilengkapi software aplikasi penulisan musik menyerupai Encore, Musik Write Profesional, Sibelius, CakeWalk Musik Creator, Finale dan sebagainya, ataukah dengan menggunaka aktivitas musik yang terdapat pada keyboard yang sanggup mengeluarkan format MIDI.

6. Tahap pertama tulislah melodi lagu pokok yang akan kita buat aransemennya secara sedikit demi sedikit bait demi bait dengan mempertimbangkan ruang untuk penyusunan aransemen introduksi, interlude, serta coda lagu.

7. Mulailah menyusun aransemen dengan mencantumkan terlebih dahulu akor-akor pokok di atas teks lagu yang akan diransir. Percantuman akor pokok ini merupakan pemikiran dalam berbagi aransemen jikalau bentuk aransemen mulai berkembang ke arah yang lebih rumit.

8. Masukkan aransemen untuk alat-alat musik bernada rendah yang sanggup memperlihatkan beat terhadap lagu. Misalnya dengan mencantumkan terlebih dahulu iringan bas atau iringan untuk piano. Setelah itu, berturut-turut sanggup dimasukkan instrumen-instrumen lain yang sudah ditetapkan.

9. Mainkanlah gubahan tersebut setiap menuntaskan sebuah kalimat musik untuk mengontrol apakah karya yang dibentuk telah sesuai dengan keinginan kita ataukah belum.

10. Jika telah selesai, cobalah mainkan secara keseluruhan hasil aransemen tersebut dengan lengkap. Jika kita memakai software aplikasi penulis musik, penyusunan aransemen ini akan menjadi lebih gampang dan kita sanggup mengontrol bab demi bab dari aransemen yang kita buat.

11. Jika kita menganggap karya tersebut lebih baik, cetaklah karya aransemen tersebut untuk diperbanyak dan dibagikan kepada anggota kelompok. 

12. Tahap selanjutnya, lakukanlah latihan-latihan secara sungguh-sungguh dan serius semoga dicapai hasil yang maksimal.

Perlu dipahami bahwa memakai alat menyerupai komputer dalam menciptakan aransemen musik bukanlah hal yang terlarang. Produk teknologi ini diciptakan untuk semakin meringankan kiprah insan sehingga pekerjaan sanggup dikerjakan dengan efisien dan efektif.

Sudah barang tentu, untuk memakai komputer dalam penulisan aransemen musik tetap diharapkan pengetahuan dan keterampilan yang berafiliasi dengan teknik penciptaan, ilmu harmoni, serta kemampuan yang berkaitan dengannya.

INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel