INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

Teknik Dan Proses Pembuatan Batik

Seni rupa terapan di wilayah Nusantara tersebar dari Sabang hingga Merauke. Kali ini kita akan mencoba merancang dan menciptakan batik sebagai salah satu hasil karya seni rupa terapan. Seperti apa teknik dan proses membatik? Berikut ini ulasannya.

Seni rupa terapan di wilayah Nusantara tersebar dari Sabang hingga Merauke Teknik dan Proses Pembuatan Batik

Teknik Membatik

Batik merupakan salah satu dari bermacam-macam kebudayaan kerajinan bernilai seni tinggi di yang dimiliki bangsa Indonesia.

Seluruh dunia pun telah mengakui bahwa kebudayaan kerajinan batik merupakan kebudayaan orisinil milik bangsa Indonesia, hal ini dipertegas oleh UNESCO (lembaga di bawah PBB) dengan meresmikan Batik sebagai ikon budaya bangsa yang mempunyai keunikan serta simbol dan filosofi yang mendalam meliputi siklus kehidupan insan pada tanggal 2 Oktober 2009 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Sesuai dengan perkembangan zaman, dikala ini dikenal beberapa teknik membatik antara lain sebagai berikut.

1. Batik celup ikat, ialah pembuatan batik tanpa memakai malam sebagai materi penghalang. Akan tetapi memakai tali untuk menghalangi masuknya warna ke dalam serat kain. Membatik dengan proses ini disebut batik jumputan.

2. Batik tulis, ialah batik yang dibentuk dengan cara menunjukkan malam dengan memakai canting pada motif yang telah digambar pada kain.

2. Batik cap, ialah batik yang dibentuk memakai alat cap (stempel yang umumnya terbuat dari tembaga) sebagai alat untuk menciptakan motif sehingga kain tidak perlu digambar terlebih dahulu.

3. Batik lukis, ialah batik yang dibentuk dengan cara melukis. Pada teknik ini seniman bebas memakai alat untuk mendapat efek-efek tertentu. Seniman batik lukis yang populer di Indonesia antara lain Amri Yahya.

4. Batik modern, ialah batik yang cara pembuatannya bebas, tidak terikat oleh hukum teknik yang ada. Hal tersebut termasuk pemilihan motif dan warna. Oleh sebab itu pada hasil kesudahannya tidak ada motif, bentuk komposisi, dan pewarnaan yang sama disetiap produknya.

5. Batik printing, ialah kain yang motifnya menyerupai batik. Proses pembuatan batik ini tidak memakai teknik batik, tetapi dengan teknik sablon (screen printing). Jenis kain ini banyak digunakan untuk kain seragam sekolah.

Proses Pembuatan Batik

Batik dalam proses pembuatannya ialah dengan cara menambah lapisan malam dan lalu diproses dengan cara tertentu. Dalam pembuatannya secara umum dibagi menjadi dua tahap yakni.

Persiapan, yaitu aneka macam macam pekerjaan pada mori sehingga menjadi kain yang siap untuk dibentuk batik. Pekerjaan ini meliputi, nggirah (mencuci) atau Ngetel, Nganji (mengaji), Ngemplong (sterika, kalender).

Membuat batik, yaitu macam-macam pekerjaan dalam pembuatan batik yang gotong royong dan pekerjaan ini meliputi 3 macam pekerjaan utama yaitu.

1. Pelekatan lilin batik pada kain untuk menciptakan motif batik yang dikehendaki. Pelekatan lilin batik ini ada beberapa cara yakni dengan canting tulis, canting cap atau dilukis dengan kuas atau jegul.

Fungsi dari lilin batik ini ialah untuk resisit (menolak) terhadap warna yang diberikan pada kain dalam tahap berikutnya. Lilin batik ialah adonan dari unsur-unsur lilin batik yang pada umumnya terdiri atas Gondorukem, Matakucing, Prafin atau Microwax, Lemak atau minyak dari tawon atau laceng.

2. Pewarnaan batik, sanggup dilakukan dengan cara dicelup, coletan/lukis (painting). Pewarna secara hambar (tanpa pemanas) dan zat warna yang digunakan tidak hilang warnanya dikala pekerjaan menghilangkan lilin atau tahan terhadap tutupan lilin.

3. menghilangkan lilin, proses menghilangkan lilin yang menempel pada permukaan kain. Menghilangkan lilin dilakukan pada tempat-tempat tertentu dengan cara ngerok (ngerik) atau "melorod"/ngebyok, mbabar yakni menghilangkan secara keseluruhan.

Nah itu lah pembahasan ihwal Teknik dan Proses Pembuatan Batik, biar pembahasan ini sanggup menambah wawasan dan membantu teman-teman untuk memudahkan pembelajaran.

INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel